You are here: Home » Words » Lebih Bijak

Lebih Bijak

Ketidak tahuan memang sangat menyiksa, apalagi saat bertanya kepada seseorang yang mampu menjawabnya akan tetapi tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan atau bahkan “ogah-ogahan”.

Katanya negara ini dibilang tidak maju, pendidikan tertinggal dan masih banyak lagi yang kau tak suka di negara ini. Dan bagaimana negara ini mau maju? Karena masih ada orang-orang yang pintar tetapi “pelit” untuk membagikan ilmunya? Dan si bodoh yang ingin belajar dengan si pintar padahal memiliki kemauan belajar yang besar.

Apakah kau menganggap sepele masalah seperti ini? Jika iya ada kemungkinan kau orang pintar yang malas ditanya-tanya, merasa menjadi orang bodoh yang tidak bisa membagikan ilmunya, atau apatis?. Apakah kita bisa mengukur semangat seseorang dalam belajar? Bisa jadi si bodoh ini lebih ingin banyak tahu daripada si pintar. Tahap kecil untuk memulai perubahan, berikan pergerakan terbaik jika ingin negara ini maju maka rangkulah generasi muda kita.

Jika ada seseorang yang ingin belajar, atau menanyakan sesuatu, sambutlah dengan baik karena setidaknya ia sudah berusaha untuk mengubah keadaannya dari tidak tahu menjadi tahu, bisa jadi ia sebenarnya malu bertanya karena tau takut si pintar merasa terganggu, atau mungkin ia terpaksa bertanya karena ini memang pilihan terakhir untuk dilakukan.

Tidak ada yang tahu bagaimana gambaran masa depan, bisa jadi si bodoh suatu saat nanti bisa satu, dua langkah di depan si pintar yang kalah dalam semangat belajar. Atau mungkin si pintar yang makin pintar karena membagikan ilmunya?.

Menjadi pintar, karena ia paham. Menjadi bodoh, itu hanya karena ketidaktahuannya.

2 Comments

  1. Superr sekali 🙄

    • salam super

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *